Sabtu, 26 Maret 2011

Cara membuat presentasi di power point.

1. Pertama buka microsoff power point anda.

2. Lalu tulis judul presentasi anda pada kotak yang tersedia, atau jika tidak anda bisa menggunakan word art langsung. Caranya ada di tab insert, lalu pilih text dan pilih jenis wordart yang anda inginkan lalu ok.

Word art

3. Lalu kita akan merubah backgroundnya menjadi berwarna. Ada backgroud yang sudah tersedia, yang default. Caranya klik design, lalu ada di themes. Pilih tema atau background yang kita inginkan

Kita juga bisa mengganti background menggunakan gambar dari dokumen kita. Caranya klik kanan pada slide, lalu pilih Format background lalu akan muncul kotak dialog seperti berikut.

Pada pilihan Insert form : lalu kita pilih file lalu pilih gambar yang kita inginkan sebagai background. Setelah memilih kita pilih Reset Background jika ingin menampilkannya hanya pada satu slide saja. Tapi jika kita ingin menampilkannya di semua slide, maka pilih Apply to All.

P

Pad

Berikut contoh slide yang menggunakan wordart dan background nya di rubah.

Lakukan pada slide selanjutnya .

4. Kemudian cara memberikan efek animasi pada tulisan atau pada slide saat akan ditampilkan. Pilih Animations lalu pilih transition to this slide pilih lah efek yang kita inginkan, ini berguna untuk memntukan efek pada slide ktiaka pergantian slide.

Lalu kita bisa menentukan suara pada saat slide muncul, ada pada kotak paling kanan atas gambar.

5. Kemudian kita juga akan memberikan efek pada tulisan. Caranya klik pada tulisan tersebut lalu pilih animations lalu pilih custom animation kemudian akan muncul kotak dialog, disitu kita pilih add effect, lalu kita tentukanlah efek dari tulisan tersebut, efek ketika datang, dan pergi. Kalau ingin menghapud efeknya kita tinggal klik pada efek yang telah kita pilih lalu remove.

6. Lalu kita akan membuat sebuah slide yang berisi gambar. Caranya pilih insert kemudian pada Illustrations pilih picture, pilihlah gambara dari dokumen kita, setelah itu ok. Picture akan tampil di slide.

7. Agar tampilan presentasi lebih menarik, gambar juga bisa di berikan efek. Caranya pun sama seperti memberi efek pada tulisan, klik pada gambar terlebih dahulu pilih tab animations lalu pilih custom animation kemudian akan muncul kotak dialog, disitu kita pilih add effect. Tentukan animasinya.

P

8. Terakhir adalah cara membuuat hyperlink.

Caranya adalah pilih slide yang akan di hyperlink kan, lalu pilih insert kemudian hyperlink.

lalu akan muncul kotak dialog seperti berikut. Atau kita bisa klik kanan pada slide yang akan di beri hyperlink, pilih hyperlink. Aturlah sperti yang kita inginkan, missal next page, preview page.

9. Ulangi lah cara-cara di atas untuk setiap slide. Buatlah tampilan presentasi anda semenarik mungkin, perbanyaklah animasi-animasinya.

Berikut adalah tampilan keseluruhan slide.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar