Jumat, 28 Januari 2011

Sejarah Virus Komputer

pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang sejarah virus komputer, virus udah ga asing lagi pasti dikehidupan kita. ye ga?
ga jarang juga virus bikin kita kesel apes karena data kita ilang gara-gara dia
tapi mungkin kalian belom pernah tau atau gimana sih sejarah virus, awal mulanya virus tuh gmn, penemu nya siapa, naahh untuk lebih jelasnya cekidot neh...

virus komputer pertama kali ditemukan pada tahun 1892 aloh seorang bocah berumut 15 tahun bernama Rich Skrenta. Virus Elk Cloner menyerang pada sistem Apple II dengan menggunakan metobe boot sector virus. Di mana proses penyerangan terjadi pada saat komputer dihidupkan atau dibooting menggunakan floppy disk tang telah terinfeksi virus ini maka virus akan langsung masuk ke dalam memori komputer tersebut. Tentu saja virus ini dapat menhybar secara massal apabila komputer yang telah terinfeksi tersebut dimasuki floppy disk yanh belum terinfeksi Elk Cloner. Karena secara otomatis floppy disk akan terinfeksi dan tinggal menunggu untuk menyerang komputer lainnya(apabila floppy disk tersebut dimasukkan pada komputer yang lain).

Seiring dangan perkembangan zaman, virus juga telah mengalami perkambangan tang sangat cepat. Perkembangan virus ini juga tidak terlepas dari adanya perkambangan di dunia maya. Pesatnya laju penggunaan internet membuat para pembuat virus berlomba-lomba untuk membuat virus model terbaru. Para penbuat virus membuat dan menyebarkan berbagai virus dengan berbagai tujuan. Tujuan dan alasan pembuatan virus dari para pembuat virus komputer adalah sebagai virus :

1. ingin mendapatkan perhatian dari pihak lain. Denagn menbuat virus, mereka tentu saja langsung mendapatkan perhatian dari berbagai pihak. Perhatian di sini bisa berupa umpatan maupun pujian terhadap karya mereka.

2. mendapatkan pengakuan dari pihak lain. Motif ini biasanya berasal dari pembuat virus profesional. Mereka rela meluangkan waktu untuk menbuat berbagai jenis virus hanya untuk mendapatkan pengakuan akan keberhasilan virus yang telah dibuat. Biasanya mereka menginginkan pengakuan sebagai salah satu pembuat virus terbaik dari sesama pembuat virus lainnya.

3. rasa kecewa dan sakit hati. Rasa kecewa dan sakit hati ini bisa ditimbulkan karena ditinggalkan pacar, kecewa terhadap perlakuan orang lain, bisa juga akibat lainnya. Pembuat virus dengan alasan easa kecewa dan sakit hati ini baru merasa puas apabila telah melihat banyaknya korban yang telah jatuh akibat ulah mereka.

4. menginginkan harta, tentu saja motif ekonomi merupakan salah satu tujuan utama dari pembuat virus profesional. Para pembuat virus jenis ini berupaya menbuat virus yang sangat sulit sekali untuk dibuat obatnya sehingga hampir bisa dikatakan hanya mereka yang memiliki akses terhadap antivirus yang mereka miliki. Dengan asumsi banyaknya pihak yang membutuhkan bantuan mereka untuk menangani permasalahan virus yang telah mereka buat.

5. menguji kemampuan dari virus yang telah mereka buat. Tujuan utama dari pembuat virus jenis ini adalah mengtahui berbagai kelamahan dan kelebihan dari virus yang mereka buat sehingga mereka dapat membuat virus jenis baru yang benar-benar sulit untuk dihentikan. Biasanya pembuat virus ini membuat berbagai jenis varian terbaru dari suatu virus sehingga sulit di hentikan oleh berbagai antivirus terbaru yang terdapat di pasaran.

6. serta berbagai motif lainnya. Bisa saja terjadi pembuat virus memiliki tujuan dan alasan yang lebih dari satu.


gimana? jdi lebih tau kan tentang sejarah nya.. nah cuma ini aja yang bisa saya kasih, mudah-mudahan bisa ngebantu yee.. wassalam ^^V

Tidak ada komentar:

Posting Komentar