Sabtu, 06 November 2010

Pelapisan sosial dan kesamaan derajat

Pelapisan sosial dan kesamaan derajat sering kita jumpai di lingkungan sekitar kita , berbagai hal dalam hal apa pun pasti tak luput dari perbedaan dalam pemberian , kesamaan , kesetaraan , pembagian yang setimbang dengan yang lainya. Menurut P.J. Bouman, pelapisan sosial adalah golongan manusia yang ditandai dengan suatu cara hidup dalam kesadaran akan beberapa hak istimewa tertentu. Pelapisan sosial merupakan gejala yang bersifat universal. Kapan pun dan di dalam masyarakat mana pun, pelapisan sosial selalu ada.

Pelapisan sosial merupakan perbedaan tinggi dan rendahnya kedudukan atau posisi seseorang dalam kelompoknya, bila dibandingkan dengan posisi seseorang maupun kelompok lainnya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelapisan sosial adalah pembedaan antar warga dalam masyarakat ke dalam kelas-kelas sosial secara bertingkat. Wujudnya adalah terdapat lapisan-lapisan di dalam masyarakat diantaranya ada kelas sosial tinggi, sedang dan rendah.

Pelapisan social dan kesamaan derajat memiliki tali hubungan yang erat , karena kedua hal ini sangat berkaitan antar yang satu dengan yang lain.

TERJADINYA PELAPISAN SOSIAL

a) Terjadi dengan sendirinya.
Proses ini berjalan dengan pertumbuhan masyarakat sendiri. Adapun orang-orang yang menduduki lapisan tertentu dibentuk bukan berdasarkan atas kesengajaan yang disusun sebelumnya oleh masyarakat itu sendiri.

b) Terjadi dengan sengaja.
Pelapisan sosial yang disusun dengan sengaja ditujukan untuk mengejar tujuan bersama. System ini ditentukan secara jelas dan tegas adanya wewenang dan kekuasaan yang diberikan pada seseorang.
Sistem organisasi yang disusun dengan cara ini mengandung dua sistem, anatara lain :
• Sistem Fungsional
Pembagian kerja pada kedudukan yang tingkatnya- berdampingan dan harus bekerja sama dalam kedudukan yang sederajat.
• Sistem Scalar
Pembagian kekuasaan menurut jenjang dari bawah ke atas.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar